Beranda
Minggu, 14 Desember 2008

Siapa Mau Pegang "Bara Api?!"

0 komentar
JAWABAN PERTANYAAN ITU…


Dalam nyatanya…mungkin tak ada yang dengan rela hati menggenggam bara api, tak ada yang rela tangannya yang bagus terbakar hangus oleh bara api, tak ada yang mau tangannya sakit atau bahkan harus merelakannya diamputasi…

Namun nyatanya juga…'bara api' itu ternyata pernah dimisalkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam. Bara api yang merah menyala itu… yang panasnya bisa mengupas kulit kita, yang kita tidak akan pernah rela untuk memegangnya, Beliau umpamakan dengan AGAMA INI!. Jelasnya…ada sebuah hadits yang tercantum dalam Sunan at-Tirmidzi pada bab 'Wa min suuratil maa'idah' hadits yang bersumber dari Anas bin Malik radhiallahu'anhu' dari Nabi yang mulia shalllahu 'alihi wasallam beliau bersabda:

يَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ، الصَّابِرُ فِيهِمْ عَلَى دِينِهِ كَالْقَابِضِ عَلَى الْجَمْرِ.
"Akan datang suatu masa, orang-orang yang berpegang teguh dengan agamanya pada zaman tersebut, laksana pemegang bara api"

Subhanallah…sungguh permisalan nabi diatas merupakan permisalan yang berat, permisalan yang mungkin akan menghentakkan jiwa kita atau bahkan membuat ciut nyali kita. Bagaimana tidak…? Nabi yang mulia memisalkan AGAMA INI (baca:Islam) adalah sebagai bara api! Sekali lagi: BARA API!, yang konsekuensinya kita sudah tau; terbakarnya tangan kita…


BILA BARA ITU HARUS DIPEGANG….

Ya…bara api itu adalah agama. Agama yang harus kita pegang kuat-kuat pada zaman kita sekarang ini, zaman yang telah disebutkan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haditsnya yang mulia. Namun… mungkin ada satu tanya dalam diri kita…"Mengapa Nabi memisalkan agama ini dengan bara api yang panas? Yang seharusnya tidak akan ada orang yang rela memegangnya?". Justeru di dalam pertanyaan itulah ada jawabnya. Bara api itu panas…tidak ada orang yang mau memeganya, kecuali dengan sangat terpaksa.

Maka agama ini adalah bara api…yang tidak sembarang orang sanggup memegangnya di zaman sekarang ini…di zaman di mana pintu syahwat, syubhat terbuka lebar-lebar! Mempersilahkan hawa nafsu manusia untuk masuk dan menyantap hidangannya! Dan meninggalkan agama ini yang panas bila dipegang! Panas karena nafsu kita tidak mau menuruti perintah Rabb-Nya! Dan memang panas karena dalam agama ini nafsu kita diatur oleh Allah dan Rasul-Nya…tidak dibiarkan lepas bebas menikmati semua yang ia suka! Karena manusia diciptakan di dunia ini tidak percuma…bahkan ia mengemban yang misi yang mulia:

وَمَا خَلَقْتُ الْـجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُوْنَ.

"Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaku" (QS. Adz-Dzariyat [51]: 52)

Itulah Firman Allah Azza wa jalla…yang menegaskan bahwa manusia mempunyai misi di dunia ini: "untuk beribadah kepadanya".

Inilah titik temunya…kenapa manusia pada umumnya enggan berpegang teguh dengan agamanya (Islam) di zaman ini. Karena mereka memandang bahwa agama ini adalah bara api…yang bisa membakar tangannya dan mencelakakan dirinya! Lalu mengapa ia harus berpegang dengan bara itu…? kalau disana banyak terhidang hidangan syahwat dan syubhat yang lebih enak di pegang dan tentunya lebih lezat lagi untuk di makan?!

Itulah pola pikir manusia yang sempit dan picik, yang hanya memikirkan kesenangan nafsunya dan lebih mengutamakan kepentingan dunia. Padahal Allah subhanahu wata'ala telah berfirman dalam kitab-Nya yang mulia:

إِنَّ الَّذِيْن قَالُوْا رَبُّنَا اللهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْـمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَأَبْشِرُوا بِالْـجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ.

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian ia meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang Allah janjikan kepadamu". (QS. Fushshilat [41]: 30).


MARI GENGGAM BARA ITU…

Saudaraku…mari genggam 'bara itu'…mari kita berpegang teguh dengan agama ini..jangan biarkan ia lepas dari tangan kita…bara itu memang panas…dan mungkin akan membakar tangan kita… Tapi jangan lepaskan ia…karena lepasnya bara dari tangan kita..berarti lepas juga simpul iman dari dada-dada kita…maka kuatkan genggaman kita…jangan rasakan panasnya…yakinlah dengan janji Allah yang tesebut dalam ayat-Nya…SURGA!!!

Leave a Reply